Mukun, Surga Tersembunyi yang Susah Sinyal

1,149 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Mukun adalah  salah satu desa di Manggarai Timur yang terkenal dengan airnya yang  berlimpah, dialeg yang khas, jalan yang rusak, masyarakatnya yang suka kopi pai’t , serta kampung yang paling cocok mendapat predikat kampung tersusah sinyal seantero Indonesia. Eh tidak sih, kemarin salah satu provider telekomunikasi membangun tower di Mukun, jadi sinyalnya tidak susah-susah amat, kecuali di beberapa titik. Terima kasih Telkomsel atas perhatiannya.

Eits jangan dihina dulu! di kampung saya yang susah sinyal ini, ada banyak hal yang mampu membuat kalian terpikat. Toh apalah juga arti sinyal jika kalian hanyalah kumpulan jomblo yang hapenya dibeli sekadar kepoin hubungan orang lain.

Berikut saya terangkan segelintir hal yang bisa membuat kalian terpikat ketika menginjakkan kaki di Mukun.

  1. Air Terjun Cuncang Ngeles
Air Terjun Cuncang Ngeles

Air terjun ini terletak di desa Golo Meni, kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter.

Lokasi Cuncang  Ngeles tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Wenggul-Randang. Kendaraan bisa diparkir di pinggir jalan raya. Selanjutnya, kita akan menyusuri sungai dan kebun kopi milik warga. Akan tetapi kita perlu berhati-hati juga karena jalan yang dilalui sangat terjal dan licin. Disarankan untuk tidak memikirkan mantan, sebab saat kalian kehilangan fokus akibatnya bisa jatuh dan tidak bisa bangkit lagi. Jarak yang ditempuh dari jalan raya menuju ke Air Terjun Cuncang Ngeles kira-kira  500 meter.

Untuk yang memiliki hobi panjat tebing, kalian juga bisa merasakan petualangan naik turun tebing yang diguyuri aliran air yang sangat indah. Tetapi disarankan agar sebelum melakukan aksi tersebut, kalian melengkapi peralatan panjt tebing terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

2. Tetes Tanah


Wisata Alam Tetes Tanah atau yang sering juga disebut Jembatan Alam merupakan tempat wisata yang sangat disarankan untuk dikunjungi.

Tetes Tanah terletak di Desa Golo Nderu, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Tempat wisata ini menarik perhatian banyak orang karena menyuguhkan panorama yang sangat indah dan unik.

Tetes Tanah merupakan jembatan alami yang menghubungkan Desa Golo Wuas, Kecamatan Elar Selatan dengan Desa  Golo Nderu.  Jika dilihat dari atas jembatan, kita hanya akan menemukan sedikit keindahan yang ditawarkan oleh tempat ini. Namun, jika kita turun ke sungai dan menikmati jembatan dari bagian bawah, barulah kita bisa menyaksikan pemandangan yang menakjubkan. kita akan melihat tebing batu di kiri dan kanan sungai serta jembatan batu yang konon katanya hanya boleh dilewati orang-orang tertentu. Di samping itu kita juga akan melihat batu berbentuk wajah manusia.

Akses ke tempat wisata ini sangatlah mudah karena lokasinya yang dekat dengan jalan raya. Dari Mukun kita hanya menghabiskan waktu sekitar 40 menit .

3. Wisata Pendakian Puncak Watu Ngaruk

Pagi Hari di Padang Luwuk

Puncak Watu Ngaruk merupakan sebuah puncak yang sangat luas yang terletak di wilayah Desa Golo Nderu, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Lokasinya sangat dekat dengan Wisata Alam Tetes Tanah.

Untuk dapat mendaki ke puncak Watu Ngaruk diperlukan persiapan fisik dan logistik yang cukup. Persiapan itu akan dibayar lunas dengan pemandangan yang mengagumkan sesampai di puncak.

Ada beberapa rute alternatif untuk mencapai Puncak Watu Ngaruk.  Pertama, rute Mukun-Taga, sebuah Rute yang cukup singkat karena menuju bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan durasi waktu hanya sekitar 30 menit kemudian ketika mendaki puncak kalian hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit dengan berjalan kaki.

Kedua, Rute Mukun-Manus, sebuah rute yang cukup menantang karena harus menghabiskan waktu sekitar 4 hingga 5 jam dalam pendakian sampai akhirnya bisa tiba di puncak.

Melalui rute ini kalian akan merasakan petualangan naik turun gunung serta perjalanan yang melelahkan. Tetapi jangan cemas karena dalam perjalanan melalui rute ini kalian akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat indah, kalian akan merasakan indahnya padang rumput yang sangat hijau (pada saat musim hujan) dan luas. Di samping itu, kalian juga akan merasakan udara puncak yang sangat segar. Jika ingin perjalanan yang sempurna, disarankan agar untuk mengambil rute perjalanan yang kedua ini. Disarankan juga untuk melakukan pendakian pada pagi hari agar bisa menikmati sunrise di Puncak Padang Luwuk (salah satu padang yang dilewati dalam perjalanan menuju ke Puncak Watu Ngaruk).

Ketika tiba di Puncak Watu Ngaruk, kalian akan mendapati suguhan pemandangan yang sangat luar biasa indah. Dengan sangat jelas kita akan melihat kawasan pegunungan yang luar biasa. Oleh karena lokasinya di puncak tertinggi, maka pandangan mata tidak akan terhalangi pohon-pohon tinggi. Bahkan, apabila cuaca sedang bersahabat yaitu cerah ceria, maka kalian dapat melihat perkampungan yang ada di lembah.

Hamparan Sawah Kolot Dilihat dari Puncak Watu Nggaruk

Dari sisi timur Puncak Watu Ngaruk, mata kalian juga akan dimanjakan dengan hamparan Sawah Kolot yang sangat indah dan mengagumkan yang ada di lembah. Di samping itu, kita juga akan melihat sawah berbentuk jaring laba-laba. Sawah yang satu ini bisa dijadikan spot yang sangat bagus untuk latar pengambilan gambar. Diyakini bahwa kalian akan menyimpan banyak kenangan di tempat ini.

Jadi, silahkan kunjungi tempat ini bila perlu menginaplah semalam di puncak bersama keluarga atau teman-teman sambil menikmati keindahan malam di puncak.

Demikianlah rekomendasi beberapa tempat wisata yang adalah surga tersembunyi di Mukun yang perlu pembaca tabeite.com ketahui. Jadi, tidak perlu berpikir dua, tiga kali untuk mengunjungi Mukun. Sekali ke Mukun, kalian akan candu dibuatnya

Penulis : Mita Barung |Pecandu Kopi Pai’t| & Fotografer : Toni Pornande

6 thoughts on “Mukun, Surga Tersembunyi yang Susah Sinyal

  1. Mohon maaf kk saya hanya sekedar mengklarifikasi sedikit terkait tulisan kk…..bahwa yg sebenarnya jembatan alam atau tetes tanah itu bukan terletak di desa golo nderu melainkan berada di desa golo wuas kecamatan elar selatan kabupaten manggarai timur dan batas wilayah antara desa golo wuas dan desa golo nderu itu berada di wae emas……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *