Dari Pada Dibuang, Ampas Kopi Asyiknya Ditoto Kopi Saja

522 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini


Apakah anda pernah mendengar istilah meramal nasib atau masa depan menggunakan ampas kopi?. Cara meramal yang satu ini mungkin belum cukup terkenal di Indonesia. Namun, bukan berarti di kampung saya tidak ada yang melakukannya.

Di kampung saya Carep, Manggarai, NTT, tren meramal nasib dengan ampas kopi dikenal dengan istilah Toto Kopi. Istilah Toto Kopi itu sendiri memiliki arti gramatikal dan leksikal.

Arti gramatikal kata “Toto” yakni memperlihatkan. Sedangkan “Kopi” yaitu kopi. Arti leksikal dari kalimat Toto Kopi yaitu memperlihatkan gambar ampas kopi yang merupakan hasil tiringan endapan ampas kopi yang sengaja dikeringkan pada dinding gelas.

Penjelasan saya di atas sudah mirip Guru Bahasa Indonesia kah kaka?

Toto Kopi seringkali dilakukan oleh mama- mama Manggarai, dibarengi tombo ngasang data alias gosip. Kadang kala kaum bapak juga terjerumus dalam kegiatan ramal meramal Roy Kiyosi ini.

Toto Kopi berlangsung ketika mereka bertamu, atau yang masyarakat di kampung saya menyebutnya lejong. Di tengah zaman yang serba modern ini, semakin banyak manusia yang tidak meyakini ramalan. Namun nyaris sebagian orang Manggarai masih percaya dan bahkan melakukan Toto Kopi setiap hari.

Banyak yang beralasan bahwa mereka meyakini Toto Kopi dikarenakan ada begitu banyak pengalaman hidup yang mereka alami sesuai apa yang tergambar pada dinding-dinding gelas kopi. Ampas kopi yang menempel seolah memberi tanda akan ada sesuatu yang terjadi di masa yang akan datang. Bisa tentang jodoh, keadaan keuangan, duka, pemenang PILPRES dan sebagainya.

Biasanya dalam satu kampung, ada orang tertentu yang diyakini memiliki keahlian meramal nasib orang lain dengan melihat ampas kopi yang telah selesai diminum. Orang yang memiliki keahlian melihat ampas kopi disebut Ata Mbeko. Satu hal yang telah menjadi peraturan tidak tertulis Ata Mbeko adalah ; Jika nasib Anda betul-betul mau diramal, jangan menyodorkan gelas kopi milik orang lain kepada Ata Mbeko. Jika tidak, nasib anda akan tertukar. Apa mau, ata Mbeko meramal Anda, bahwasannya Anda telah menghamili anak orang. Padahal Anda menyandang status jomblo dari zaman pitchecanthropus hingga zaman now.

Karena Ata Mbeko juga manusia. Kita juga bisa berlagak sebagai Ata Mbeko. Nah sebagai orang yang pernah berlagak menjadi Ata Mbeko, berikut saya jelaskan cara meramal nasib menggunakan ampas kopi yang disebut dengan Toto Kopi itu dengan tjara saksama dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja. Nah, caranya tidak terlalu sulit. Yang perlu dipersiapkan hanya sebuah cangkir atau gelas berwarna putih. Biasanya mama- mama Manggarai menggunakan gelas aluminium atau dalam istilah bahasa Manggarai disebut MOK. Untuk saudara-saudari dari Manggarai Timur, kami berikan kebebasan untuk menyiapkan kopi tanpa gula.

Biasanya mama-mama Manggarai sana menggunakan kopi lokal, bukan kopi kemasan. Ciri dari kopi lokal tersebut berwarna hitam pekat, aroma khasnya terasa harum ketika dicium. Hal ini, dikarenakan mama-mama Manggarai menghaluskan kopi dengan cara ditumbuk dan diayak.

Nah, ambilah satu sendok makan kopi bubuk asli bisa juga menggunakan kopi bubuk kemasan, kemudian masukan kedalam gelas atau cangkir yang telah disediakan.

Selanjutnya tuangkan air panas kedalam cangkir yang telah diisi kopi, seduh kopi tersebut sama seperti kopi yang biasa Anda lakukan sebelum-sebelumnya. Anda dapat menambahkan gula kedalam seduhan kopi dan jangan masukkan cream atau sejenisnya.

Nah, selanjutnya Anda dapat menikmati kopi tersebut. Apabila kopi anda telah habis, pastikan cairan ampasnya tersisa . Tahap selanjutnya yaitu tuangkan cairan ampas kopi tersebut secara perlahan, biarkan ampasnya tetap melakat pada dinding cangkir atau gelas tersebut. Diamkan sesaat, hingga ampas kopi mengering.

Setelah kering, angkat cangkir Anda. Kemudian lihatlah isi cangkir atau gelas tersebut. Lihat bentuk yang tergambar dalam cangkir milik Anda. Bagaimana bentuk yang tergambar dalam kopi dipercayai dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam hati Anda.

Jika garis-garis yang dibentuk ampas kopi beraturan, berarti hidup Anda hanya akan dihiasi sedikit tantangan. Jika tidak, dalam waktu dekat bencana akan melanda kehiduan Anda. Bisa jadi diputusi kekasih atau sakit perut berkepanjangan. Tetapi jika ampasnya berbentuk mobil, artinya Anda akan mendapatkan rezeki berupa uang dan bisa digunakan untuk membeli mobil, mobil mainan atau miniatur untuk anak Anda.

Jika ampas membentuk garis putus-putus berarti anda tidak lolos ke kursi DPR. Apakah saya sudah seperti Ata Mbeko?

Penulis : Melania Pedor| Tamu yang berkunjung ke Tabeite| Mahasiswa UNDANA |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *