Findy Jumpa; Youtuber Kreatif dari Manggarai Timur

1,323 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini


Findy Jumpa merupakan seorang pemuda asal Manggarai Timur yang konten youtubenya banyak menarik perhatian penduduk Manggarai. Tanpa peduli jaringan di Manggarai Timur yang GSM (Geser Sedikit Mati), nana Findy tetap tekun mengeluarkan video-video kreatifnya di youtube.

Selama dua minggu terakhir ini, Sa kecanduan e chating dengan nana Findy. Setiap hari sa ganggu dia, dengan modal tidak tau malu saja, hehe. Untungnya nana Findy ini orangnya ramah, baik hati, dan tidak sombong.

“Panggil nana saja e nu” hah? Oke. Lalu saya gass saja, hari pertama dan kedua panggil  nana, selanjutnya sa panggil Indyk. Ahai! Nana Indyk e, cari di mana enu yang mau chat nana duluan, cuma saya to.Hehe

Eh, omong apa saya e. Kaco.

Kita semua yang sudah sering mengintip chanel youtube Findy Jumpa pasti sudah tidak asing lagi dengan konten-konten yang dibuat nana Findy. Mulai dari film pendek bergenre komedi, video cerita kehidupan sehari-hari yang dibuat sekocak mungkin, hingga video prank khususnya prank gombal anak molas data.

Terakhir saya memantau channel youtube Findy Jumpa subscribersnya sudah mencapai 13 ribu orang.

Sudah banyak nana punya subscriber e, pasti penghasilan juga banyak iw?

“Ya, lumayan e enu kalau saya rajin bikin video, bisalah saya menabung untuk belis enu nanti”. Ole, dia gombal sa e, andai itu bukan gombal tapi serius e, ah sudahlah. Jadi begini, jangan lupa like dan subscribe e, biar saya cepat dibelis. ups!

Channel YouTube Findy Jumpa ini dibuat pada tahun 2013. “Video pertama yang saya upload adalah video foto-foto zaman SMA, efek  rindu mantan, eh rindu teman-teman waktu SMA.”

Awalnya nana Findy Jumpa ini tidak pernah berniat atau tertarik untuk menjadi seorang Youtuber seperti sekarang ini. Namun ada beberapa hal yang membuat nana Findy jatuh ke dalam dunia youtube. Berawal dari tugas kuliah dan menghemat uang untuk bayar orang edit video. Jadi edit sendiri saja, sambil belajar. Selanjutnya ketagihan bikin video. Nana Findy juga mulai tertarik membuat video cover lagu,  pada saat itu lagi trend bikin video cover lagu. Jadi, dulu dalam benak nana Indyk channel YouTubenya hanya untuk menampung video cover lagu saja, belum kepikiran mau buat yang lebih dari itu. Hingga pada akhirnya, setelah diskusi dengan beberapa teman kuliahnya di Jogja, mereka mencoba membuat sebuah video lucu, yang langsung disambut positif oleh para penonton.

Nana ada buat film pendek juga iw? Saya sudah nonton. Keren e, itu idenya darimana?”

” Em..dulu itu idenya datang dari nonton video-video lucu di IG. Waktu video pertama yang kami bikin tuh video masih pake logat jawa e.”

Selanjutnya video-video yang dibuat nana Findy semuanya pake logat Manggarai. Inilah keunikan dari nana Indyk yang bikin sa rindu dan selalu menjadi penonton pertama setiap kali ada video baru di channel youtubenya.

Sa pikir begini e kalau pake logat Jawa, apa bedanya sa dengan yang lainnya? Sa ingin menonjolkan sap tanah kelahiran.” Keren Nach!

Yah, viralkan Manggarai dengan hal seperti itu lebih keren dibandingkan Manggarai viral karena berita-berita bunuh diri, bunuh orang, atau  bunuh karakter anak bangsa.

“Selain video prank, ada tidak video yang nana Indik buat tentang Manggarai Timur?”

“Ehmm..paling yang saya buat yang baru-baru ini, video jalan ke Elar sengaja biar pemerintah prov. NTT tau keadaan jalan di Flores tuh seperti  apa, kami waktu itu sengaja lewat jalan propinsi e.”

Gila! Saya acungkan jempol untuk ide kreatifnya nana Indyk e. Keren dan tambah manis ow. Selanjutnya, nana Indyk ada rencana  bikin video-video tentang budaya Manggarai biar orang semakin kenal dan mau berwisata ke Manggarai. Oke nana, enu dukung,  hehe.

Terakhir, saya tanya pendapatnya nana Findy tentang fenomena bunuh diri “nana Indyk seandainya ada anak muda Manggarai Timur yang bunuh diri gara-gara putus cinta, bagaimana e?”

“Saya hanya mau pesan kalo kau bunuh diri sekarang, kau pikir dia akan galau? Salah! Jangan percaya FTV. Dia malah senang bisa bebas melanjutkan hubungan den dia punya pacar baru. Bahkan kalo dia sedih ya paling 1 minggu, habis itu dia move on, terus kau su di neraka. Kalo kau mau buat kau punya mantan menyesal sudah kasih putus kau, jangan unfollow IGnya atau jangan hapus kontak WAnya, yang harus kau buat itu adalah pasang foto atau story kau bahagia,  itu kau bisa beritahu dia kalo kau bisa happy tanpa dia dan secara tidak langsung kau sudah iris-iris diap hati dan setidaknya bikin dia menyesal meninggalkan kau.”

Penulis: Im Kartini||Tua Panga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *