Golo Losan; Bukit Cantik dengan Panorama Alam yang Memesona

 505 total views,  1 views today


Mitha Barung|Redaksi

Saya meyakini sebagian besar sohib tabeite.com, entah yang dari Mukun atau dari luar Mukun masih merasa asing mendengar nama tempat ini. Kalian akan bertanya-tanya ini letaknya di Mukun sebelah mana atau berada di daerah mana. Nah, untuk memuaskan rasa penasaran kalian, saya akan berbagi sedikit cerita tentang tempat ini dan pengalaman perjalanan menuju ke sana.

Golo Losan adalah sebuah tempat yang berada di sisi timur pegunungan Poco Nembu yang berjarak kurang lebih 8 Km dari Mukun. Merupakan sebuah puncak bukit yang memiliki padang yang sangat luas dan didominasi ilalang yang tinggi serta menjadi  salah satu spot yang sangat keren untuk mengambil gambar dengan latar perbukitan dan aera persawahan. Golo Losan juga merupakan salah satu jalur yang dilewati untuk menuju daerah Kecamatan Sambi Rampas (arah utara) dan jalur menuju Desa Golo Nderu dan kecamatan Elar Selatan (arah timur). Tempat ini sering dijadikan tempat pemberhentian sementara untuk melepas lelah ketika melakukan perjalanan ke tiga tempat tersebut.

Dari puncak Golo Losan ini, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan hijau yang membentang luas di semua sisi. Di sisi selatan puncak Golo Losan terbentang luas perbukitan yang diselimuti tumbuhan ilalang dengan pepohonan yang tumbuh sangat jarang. Perbukitan ini menjadi salah satu latar terbaik untuk mengabadikan momen perjalanan kita. Di sisi utara akan terbentang pegunungan yang memiliki hutan yang sangat lebat. Namanya Golo Bangga.

Golo Bangga. Pegunungan ini  merupakan salah satu pegunungan yang dilindungi. Selain pegunungan Poco Nembu yang berada di sisi barat Golo Losan. Sisi utara Golo Bangga ini sudah menjadi wilayah dari Kec. Sambi Rampas. Seringkali warga sekitar yang ingin mengunjungi keluarganya di kecamatan ini atau sebaliknya lebih memilih ikut jalur singkat ini dibandingkan harus melewati jalur roda empat–karena jalur roda empat masih lebih layak untuk pejalan kaki daripada menggunakan kendaraan, jalan bebatuan, Coy! Di sisi timur terbentang wilayah Kec. Elar selatan dan sedikitnya wilayah Kec. Kota Komba.

Yang lebih menarik lagi jika dilirik dari puncak Golo Losan ini adalah hamparan sawah  yang sangat indah dan  mengagumkan, berada tepat di bawah kaki bukit serta terbingkai oleh pesona dari sisi puncak Golo Mbak. Hamparan sawah milik warga desa Golo Nderu ini berbentuk seperti jaring laba-laba atau yang kita kenal sebagai lodok.  Jika musim sebelum panen tiba, spot ini akan menjadi tempat yang paling indah untuk dinikmati. Kuning mengemasnya padi akan memberikan warna tersendiri untuk keindahan hamparan sawah. Jadi, buat teman-teman yang mengimpikan untuk melihat lodok, tidak perlu jauh jauh ke Manggarai, atau Manggarai Barat, sebab Manggarai Timur juga memiliki lodok yang tak kalah indahnya.

Hamparan sawah  ini juga sangat bagus sekali untuk menjadi latar pengambilan gambar ketika kalian ingin mengabadikan momen berkunjung ke sini. Pesona bukit Golo Mbak, dan bentangan alam Kec. Elar Selatan, menjadikan semua seperti terlukis di atas kanvas.  Selain itu, karena berada di puncak tertinggi, panorama alamnya tidak akan terhalang pepohonan yang tinggi. Yang lebih mengesankan lagi, ketika sore hari tiba, hamparan sawah akan terselimuti oleh kabut putih. Dan kita akan seperti berada di atas awan.

Betul-betul tempat yang keren dan sangat saya rekomendasikan untuk dijelajahi oleh kalian yang memiliki hobi menjelajahi hutan dan melakukan pendakian, karena panorama alamnya akan benar-benar tersuguh secara mengesankan pada kalian.

Eitzz! Tetapi ada satu hal yang perlu kalian ketahui, bahwa untuk sampai ke tempat ini bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Akan ada banyak hal yang menantang yang pastinya akan membuat kegiatan pendakian kalian semakin seru. Salah satunya jalur yang akan dilewati.

Menempuh waktu perjalanan hampir 2 jam lebih dengan jarak yang terlampau jauh, bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk kalian yang tidak terbiasa mendaki gunung. Akan memerlukan tenaga yang ekstra untuk bisa sampai ke puncaknya. Kalian akan merasakan sensasi naik turun gunung serta udara khas hutan yang meyegarkan.

Dari pusat Mukun kita menggunakan kendaraan bermotor menuju Watu Mundung (sebuah kampung yang berada di bukit sebelah utara Mukun). Dari sini, perjalanan kita dimulai dengan berjalan kaki. Melewati area persawahan, kampung Rangga Po ( sebuah kampung di ujung utara dengan tanahnya yang subur), perkebunan kopi, kali-kali kecil dengan airnya yang segar dan mampu memuaskan dahaga, menyisir sisi hutan Poco Nembu yang menyejukkan, dan melewati jalan setapak yang sempit dan mendaki.

Jalan setapak yang sempit ini dikelilingi pohon-pohon sensus dan ilalang setinggi kepala. Jika tidak berhati-hati, maka kulit tubuhmu akan tergores oleh pucuk-pucuk ilalang yang tajam. Seperti yang saya alami ketika melakukan pendakian. Terlalu bersemangat hingga lupa untuk menghindari diri dari goresan ilalang. Di saat musim hujan seperti sekarang, jalan setapak tersebut teramat licin dan memiliki kubangan  kecil di beberapa titik. Jika salah melangkah, Anda akan tergelincir di kubangan dan jalanan sempit tersebut.

Oiya, jangan lupa membawa parang untuk sekadar membersihkan jalan setapak yang akan dilewati. Karena jika tidak, kalian tidak bisa melihat dasar jalan, sebab telah tertutup rerumputan yang tinggi.  Perlu juga menandai jalan agar ketika pulang tidak nyasar lalu tiba di tempat lain.

Selama melewati jalur pendakian, tidak perlu terlalu cemas untuk hal-hal yang berlebihan, sebab kita akan tetap disuguhkan oleh pesona alam yang mengesankan. Suara khas alam, kicauan burung, ricik sungai, dan udara segar yang menyegarkan.

Sebelum sampai ke puncak yang dituju. Kita akan melewati salah satu bukit kecil yang seluruhnya diselimuti ilalang. Nah, di sini kita bisa berhenti sejenak. Melepas lelah sebelum kembali melakukan perjalanan sambil mengambil gambar dengan latar Golo Mbak dan bukit ilalang yang membentang luas. Sekitar beberapa ratus meter dari bukit kecil ini, kita akan sampai pada tempat yang dituju. Sebuah puncak bukit dengan panorama alam yang mampu membuat jiwa bebasmu meronta ronta dan akan mengukir kenangan yang tak akan terlupakan.

Ayo, teman-teman sesekali datanglah ke sini. Tidak perlu berpikir untuk pergi menjelajahi bukit-bukit daerah lain, jika di daerahmu sendiri ada yang tidak kalah menarik.

***

Sekadar info.

Ada rute lain untuk menuju ke tempat ini.

  1. Rute Mukun-Taga ( menggunakan kendaraan bermotor sekitar 30 menit, lalu berjalan kaki sekitar 1 jam lebih  melewati sisi Watu Ngaruk).
  2. Rute Mukun-Manus (rute ini  lebih menantang, karena akan banyak pendakian yang akan dilewati dan menghabiskan waktu yang lumayan lama untuk sampai ke Golo Losan. Sekitar 5 sampai 6 jam).

Namun, jangan jalan-jalan sekarang. Di rumah saja. Bukit Golo Losan tidak akan berpindah sampai setelah corona berlalu walaupun kau sudah pindah alamat ke rumah kekasihmu. Ehmm..!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.