Mengemban Kepercayaan Masyarakat dari Tepi Rana Kulan

Mengabdi untuk kesejahteraan rakyat

 365 total views,  3 views today


Popin Davianus|Redaksi

Acara pelantikan itu dilaksanakan sebelum matahari sampai di atas ubun-ubun. Kicauan burung dan gemerisik daun membikin suasana di danau tengah hutan terasa damai. Senyum semringah pun terpancar dari wajah Stefanus Jaghur, Wakil Bupati Manggarai Timur.

Sesaat setelah tiba di lokasi pelantikan, di tepi Danau Rana Kulan, Desa Rana Kulan, Kecamatan Elar, Stef dan rombongan disambut dengan prosesi adat terlebih dahulu sebelum dipersilakan mengambil tempat yang telah disiapkan.

Hanya belasan orang yang hadir mengikuti acara pelantikan siang itu, kehadiran laki-laki yang mendominasi. Tidak ada kesan mewah dalam konsep yang diusung. Hanya dibangun sebuah tenda yang terbuat dari batang bambu dan alasnya berasal dari sumber bambu yang sama, hanya saja sudah dibelah. Di atas bambu itu, pada bagian di mana para kepala desa terpilih menyampaikan sumpah jabatan, terbentang sebuah karpet berwarna hijau dengan motif bunga, dan dari atas karpet kehormataan itulah mereka mengemban kepecayaan masyarakat.

Hari ini indah sekali, Cuaca yang cerah menambah kebahagian kita. Terima Kasih kepada kita semua yang sudah memilih Rana Kulan sebagai tempat pelantikan hari ini,” tutur Step sambil melempar senyuk kepada para kepala desa.

Step yang mengenakan setelan jas hitam dan peci hitam berdiri berhadapan dengan keempat kepala desa yang beratribut serba putih yang telah siap dilantik. Keempatnya adalah; Kepala Desa Compang Congkar dan Satar Nawang dari Kecamatan Congkar serta Kepala Desa Lada Mese dan Nanga Mbaling dari Kecamatan Sambi Rampas.

Kepada keempat kepala desa baru tersebut Step tidak lupa menitip pesan bahwasanya menjadi kepala desa berarti menjadi orang yang paham dengan batas-batas wilayah desa dan juga jumlah penduduk sehingga setiap penyaluran bantuan bisa tepat sasaran. Selain itu, para kepala desa terpilih diharapkan untuk menyudahi euforia kemenangan dan harus mampu merangkul semua pihak, baik lawan maupun kawan dalam pemilihan kepala desa yang sudah berlalu agar sama-sama bekerja dan bekerja sama dalam membangun desa.

Pelantikan kepala desa yang dilaksanakan Senin, 20 September 2021 ini merupakan sebuah kegiatan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yang patut diapresiasi karena selain  menjauhi kerumunan masyarakat, hal ini juga menjadi sebuah bentuk promosi wisata yang dilakukan oleh pemerintah sendiri, baik promosi kepada masyarakat di Manggarai Timur maupun bagi masyarakat di luar Manggarai Timur.

Jika setiap kegiatan pelantikan diusung dengan konsep wisata, maka akan semakin besar cinta masyarakat terhadap wisatanya sendiri. Bahkan tanpa melibatkan Sandiaga Uno sekalipun. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.