Neo Clan B yang Sempat Bikin BAPER Anak Muda Satu Pulau Flores Kini Bangkit Lagi

3,063 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Sebagai orang Flores, saya  bangga dengan kehadiran kelompok musik hip hop seperti Clan B. Masa remaja saya di kampung tidak luput dari keputusan untuk BAPER setelah mendengar lagu mereka. Kae Neo, Kae Chester dan Kae Moko yang tergabung dalam kelompok hip-hop Clan B, ada di hampir semua hape cina anak muda di kampung.

Bagi saya, Clan B lebih dari kelompok hip hop lainnya saat itu. Kae Neo dan kawan-kawan punya kehebatan menggugah perasaan penikmat lagunya lewat lirik yang super romantis dan suara yang khas.

Sebegitu dahsyatnya Clan B merasuki kehidupan saya, sampai suatu ketika mama saya membakar kartu memory hape karena menjelang Natal saya lebih memilih menyetel lagu Clan B ketimbang lagu rohani seperti yang tetangga kami lakukan. Ah padahal di dalam kartu memory tersebut terselip foto mantan pacar saya yang sekarang anaknya mirip muka saya.  

Namun, kehilangan foto mantan dari hape tidak mengurangi kecintaan saya pada Clan B. Di mana pun saya berada, saat mendengar lagu Clan B, semua masa lalu tentang kampung, anak muda dan mama bangkit kembali. Clan B sudah tersimpan dalam folder khusus dalam otak saya.

Untuk menjawab kegelisahan tentang Clan B dan kiprah mereka dalam perkembangan musik di Flores, khususnya musik bergenre hip hop, saya pun mencoba menelusuri media sosial dan berhasil menemukan akun facebook Neo Clanb. Berawal dari inbox di akun tersebut, perbincangan dengan Kae Neo berlanjut ke whatsapp.

Kae Neo adalah seorang musisi yang santai dan humble. Mengajak dirinya  untuk diwawancara tidak lebih sulit dari mengajak mantan balikan. Saking gampangnya mengajak  Kae Neo wawancara, sampai saya harus koprol lima kali di tempat tidur, kadang push up dan loncat-loncat sambil meniru kae Neo bernyanyi  Yo yo yo, gadis manis yang di sana, mendekatlah kepadaku, oh oh, inginku belai rambutmu ingin ku tahu  siapa dirimu, yo yo yo. Begitu toh salah satu lagu Clan B yang dinyanyikan Kae Neo? Ko Jangan pura-pura lupa kawan, ko pu buku tulis waktu sekolah dulu pasti dalamnya banyak tulis liriknya Clan B, toh?

“Holla kae Neo, semoga saya tidak mengganggu kae. Apa saya boleh tanya-tanya sekarang kah kae?” Begini cara saya membuka percakapan malam itu via Whatsapp.

Satu hari kemudian,

“Sorry baru balas bro. Tadi malam saya sedang dalam perjalanan Bajawa-Borong, saya tidak sempat buka WA. Ok silahkan”

Kae Neo yang namanya sudah melambung jauh di kalangan masyarakat Nusa Tenggara Timur, gara-gara ketiduran dan tidak sempat balas WA harus minta maaf pada saya. Betapa bahagianya menjadi diri saya kan? Hanya modal basa-basi di tabeite.com bisa dapat nomor whatsappnya musisi kesukaan, dia minta maaf pula.  Tidak pikir panjang, saya koprol lagi. Sayangnya, koprol kali ini mengenai gelas kopi dan tumpah berserakan di lantai. It’s okay, kopi bisa diracik lagi, yang paling penting bisa ngobrol santai dengan Kae Neo.

Kae Neo Menuturkan, Clan B lahir di kota Surabaya pada tahun 2007. Perintisnya adalah Neo bersama dua temanya, Chester dan Moko. Kae Neo sendiri sudah menyukai musik hip hop sejak menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama  di kota Bajawa. Lagu IWA K berjudul Thopat adalah cikal bakal Kae Neo jatuh cinta pada musik hip-hop.

Dari Bajawa, Kae Neo melangkah ke Ende untuk melanjutkan SMA di Syuradikara. Sayangnya, sesampai di sana tidak ada yang bisa mendukung potensinya di musik bergenre hip hop. Kala itu musik hip hop belum berhasil mencuri perhatian  kalangan anak muda di NTT. Walau demikian, kecintaaan Kae Neo pada musik hip hop tidak pernah mati.

Setelah tamat SMA, Kae Neo terbang ke Surabaya, di kota pahlawan itulah dia menemukan sosok yang bisa menjadi guru sekaligus panutannya dalam bermusik. Beliau adalah Lipooz, Presiden Republic Ruteng Clan (RRC) yang sekarang dikenal dengan Mukarakat.

“Awal di Surabaya, saya belajar autodidak. Kemudian saya bertemu pangeran Lipooz. Lipooz tetap menjadi patokan saya dalam bermusik. Sampai sekarang, saya menjadi pengagum beratnya. Skill musiknya luar biasa. Walau tidak pernah sepanggung tapi saya sering menemani dan memperhatikan gaya panggungnya” tutur Kae Neo.

Dari modal belajar autodidak dan berguru pada Lipooz itulah yang mengantar Kae Neo membentuk Clan B pada tahun 2007. Clan B berarti Bajawa Clan yang personilnya diisi oleh Neo, Chester dan Moko mahasiswa asal Bajawa yang saat itu kebetulan kuliah di Surabaya. 

Pada tahun 2008 ketiga mahasiswa ini mulai merilis single perdana mereka di reverbnation, sayangnya Kae Neo lupa judul lagu yang pertama kali mereka rilis saat itu.

Sa su lupa semua judul lagu yang sa buat selama di Surabaya, tapi masih ingat rasa. Intinya selama di Surabaya kalau tidak salah sekitar 15 lagu.”

Ah Kae Neo bisa saja. Kalau ingat rasa, jangan-jangan lagu yang pernah bikin BAPER anak muda satu pulau Flores ini berangkat dari kisah cintanya Kae Neo. Kae yang putus cinta, kami yang BAPER.

Mengingat Kae Neo sudah tua dan ingatanya semakin berkurang, hehehehe, saya coba mengunjungi neo clan_B ReverbNation. Lagu-lagu Clan B masih tersimpan rapi di sana. Diantaranya ; Harapan, Still_B, Harmoni, Merindukanmu, Di balik Senja, Hanya Bayangan, Rasa yang Tersisa,  di Dalam Mimpiku, Walk On My Way, Hip Hop Problema, Still For You, For Love, Thank You for Loving Me, Baby I Love U, Ingin Pulang Bajawa, Reggea Party, Rindu Kamu (Hipdut), Mendekatlah si Gadis Manis, Padamu Tuhan, Tuntunlah Hidupku, Untukmu, Cewe Matre, Flobamora Revolusi, Jesus Juru Selamat dan masih banyak lagi.  

Lagu yang sudah banyak saya sebutkan di atas dirilis dari tahun 2008 hingga 2013. Setiap tahunya Kae Neo dan kawan-kawan selalu menghadirkan lagu-lagu baru untuk pendengar setianya. Uniknya lagi, dari sekian banyak lagu Clan B yang pernah bikin BAPER anak muda satu pulau Flores ini, direkam dengan hanya bermodalkan PC pentium 4 dengan micropohone seharga Rp 90 ribu. Kurang ajar kan?

Merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa ketika fasilitas yang jauh dari cukup, oleh Kae Neo dan kawan-kawan disulap menjadi prestasi yang membanggakan. Yah bagaimana tidak, pada masa itu, lagu Clan B adalah lagu yang wajib didengar oleh anak-anak muda di Nusa Tenggara Timur. Kadang lagu yang hip hop dangdut juga dijadikan lagu wajib untuk berjoget di setiap acara pesta. Apalagi oto kol, hemmm jangan harap ada lagunya Broery, Pance Pondang, Trio Ambisi dan penyanyi tua lainya. Kalau sopirnya anak muda, yah lagunya Clan B yang diputar.

Pada tahun 2014, setelah satu tahun Neo Clan B menyelesaikan pendidikan magister di Universitas Airlangga Surabaya dan kembali ke Bajawa, Clan B akhirnya vakum.

Bagi Kae Neo, bermusik di NTT, hanya sebatas hobi. Menjadi musisi tidak menjamin masa depan yang lebih baik. Berangkat dari hal ini, pada tahun 2015 Kae Neo mengikuti tes ASN di Borong, Manggarai Timur dan lolos. Sejak tahun 2015 sampai sekarang Kae Neo menjadi pegawai di kantor Badan  Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Manggarai Timur, di Borong.

Karena musik sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan Kae Neo, pada tahun 2018, Clan B hidup kembali dengan formasi yang berbeda.

“Chester dan Moko sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Saya sekarang rekaman dengan talenta-talenta muda dari Bajawa” sambung Kae Neo.

Ketidakhadiran Chester dan Moko tidak sedikitpun menghambat langkah Clan B. Sejak tahun 2018, Clan B yang dikapteni Kae Neo malah membuat akun youtube Neo Clan B dan menayangkan single pertama paska vakum yang bejudul “You Are Lovely.” Sampai sekarang, lagu ini sudah ditonton 121 ribu kali dan sudah mendapat like sebanyak 3 ribu. Selain You Are Lovely, Kae Neo Clan B juga sempat merilis single Puisi Natal featuring Aldo Longa, juara pertama The Voice Indonesia 2018.

Kabar bahagianya lagi, saat ini Clan B sudah digandeng salah satu produser musik dari Jakarta dan sekarang sedang dalam pembuatan beberapa lagu

“Saya sudah dikontak oleh produser quest music id untuk produksi beberapa lagu dan sekarang sedang dalam proses penggarapan. Akun youtube Neo Clan B juga dalam beberapa hari ke depan akan diganti dengan nama Clan B music production”

Kae Neo mendedikasikan waktu dan kemampuannya bermusik untuk anak-anak muda di Bajawa yang suka musik hip-hop. Setiap kembali ke Bajawa di akhir pekan, Kae Neo selalu mengajak anak muda menyambangi rumahnya untuk belajar membuat beat dan lirik bersama-sama. Selain itu, Kae Neo berharap Clan B bisa menjadi wadah bagi anak-anak muda untuk berkarya dalam kancah musik hip-hop yang sekarang sudah perlahan bisa diterima di kalangan masyarakat luas.

“Bagaimana tanggapan Kae Neo tentang Near, rapper dari Maumere itu?”

Yah kalau Near, saya Cuma bilang luar biasa. Near yang membuat musik timur makin dikenal banyak orang”

“Bagaimana Kae Neo melihat perkembangan musik hip-hop di Manggarai Timur?”

“Sejauh yang saya amati, yah belum nampak. Tapi saya kenal satu rapper Manggarai Timur yang baru selesai kuliah di Surabaya, MitoQ. Saya siap untuk membantu dia agar tetap di jalur hip hop”

Selain mencintai perkembangan musik di Bajawa, Kae Neo juga ternyata punya perhatian yang sama dengan perkembangan musik hip-hop di Manggarai Timur.

Penulis : Popind Davianus|Tuagolo|

2 thoughts on “Neo Clan B yang Sempat Bikin BAPER Anak Muda Satu Pulau Flores Kini Bangkit Lagi

  1. Iaaa kaee..senang sekakii kae neoo bisa bwrkarir lagiii,di dunia hip hop,,jadi teringat masa smp,masa2 laguu kae neoo menjadii ringan di mulut,terus berkaryaa kae neoo kami tunggu karya barumuu,,7 hari dan seminggu ku ingin bertemuu denganmuu,serasa engkaulah duniakuu,,engkaulah bunga dan akuulah kembangngnyaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *