Panorama Air Terjun Cuncang Salu

303 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini


Manggarai Timur merupakan daerah yang didominasi oleh daerah pegunungan. Banyak tempat wisata di daerah-daerah tersebut yang sangat indah bila dibandingkan dengan di kabupaten lain. Sebut saja  danau Rana Mese, danau Rana Tonjong, Lok Pahar, dan beberapa tempat lainnya.

Namun, ada pula beberapa tempat wisata yang belum atau jarang terjamah oleh manusia dengan alasan kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilalui dan juga karena letaknya teramat sangat jauh dari pemukiman penduduk. Yah… syukur-syukur di waktu yang akan datang pemerintah Manggarai Timur bisa lebih memperhatikan infrastruktur menuju tempat-tempat tersebut, agar setidaknya bisa menarik minat para wisatawan luar untuk berkunjung sehingga memberikan penghasilan lain untuk masyarakat sekitar.

Dan bagi para insan yang memiliki jiwa petualang , alasan-alasan tersebut tidak akan menjadi penghalang untuk mereka agar bisa sampai ke tempat yang dituju. Apapun tantangannya  yang terpenting adalah hati, jiwa, dan raga terpuaskan oleh kenikmatan menjelajahi alam. Apalagi jika selama perjalanan dimanjakan oleh keindahan alam yang alami dan asri.

Kembali berbicara tentang wisata alam yang belum terjamah di Manggarai Timur, beberapa waktu lalu saya pernah menuliskan tentang beberapa tempat di Mukun, Kecamatan Kota Komba yang juga masih jarang terjamah oleh  manusia, juga bisa menjadi lokasi terbaik untuk penikmat tabeite.com menikmati liburan atau sekadar menghabiskan waktu di akhir pekan setelah beberapa hari sebelumnya berkutat dengan berbagai macam pekerjaan yang melelahkan. Nah, kali ini kembali saya menyajikan salah satu lokasi wisata baru yang pastinya tak kalah keren dari tempat wisata lain yang penah ditulis oleh orang-orang keren di tabeite.com atau yang pernah teman-teman kunjungi.

Lokasi wisata tersebut adalah air terjun Cuncang Salu.

Air terjun ini terletak di sebelah utara  Rangga Po. Sebuah kampung kecil di sebelah utara Mukun, desa Golo Meni, Kecamatan  Kota Komba yang dikenal dengan daerahnya yang subur, airnya yang melimpah ruah, dan penghasil ikan air tawar untuk daerah Mukun.

Air terjun Cuncang Salu berada   tepat di Hutan Poco Nembu salah satu hutan besar yang dilindungi di Desa Golo Meni, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.  Lokasinya berada sekitar 2,5 km dari Rangga Po. Berada cukup jauh dari perumahan penduduk.

Dari Rangga Po menuju ke lokasi ini kita harus menyiapkan energi dan memerlukan perjuangan yang cukup. Karena untuk sampai ke lokasi ini akan melewati jalan setapak , pematang sawah, serta kebun dan pada akhirnya harus melalui track yang cukup licin di dalam hutan. Jangan lupa juga menyiapkan perlengkapan yang memungkinkan petualangan  kita berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah jaket tebal. Sebab suhu udara di sekitar Rangga Po dan lokasi Air terjun sangatlah dingin. Walaupun di siang hari yang lumayan terik. Belum lagi jika kita pulang saat hari menjelang sore, suhu udaranya akan lebih dingin dibandingkan pagi/siang saat kita berangkat menuju hutan.

 Dari pusat Mukun sampai Rangga Po kita bisa menggunakan kendaraan bermotor. Watu yang ditempuh pun tidak sampai satu jam. Hanya saja saya menyarankan untuk kita yang memiliki jiwa petualang cukup berjalan kaki saja, selain merasakan sensasi pendakian, kita juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang terbentang luas di bagian timur hingga barat Mukun. Sekalipun perjalanannya menantang pastinya juga kita akan terhibur oleh kicauan burung-burung di sepanjang perjalanan menuju Air terjun serta panorama hijaunya hutan yang memanjakan mata dan pada akhirnya perjuangan kita akan terbayar dengan keindahan air terjun ini dan suasana hutan yang menyenangkan sekaligus menenangkan.

Penulis: Mita Barung|Tua Panga|

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *