Pentingnya Keberadaan Opereter Pesta di Flores

709 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini


Apabila kamu lahir dan besar di Flores, saat saya menyebut opereter, pikiran mesum Anda pastinya akan mengarah ke pesta. Iya toh?. Entah atas dasar apa, Operator Sound System,di Flores disebut opereter. Kalau Anda tahu, tolong bantu saya jawab.

Sesungguhnya kita orang Flores ini muka pesta, walau tidak semua sih, dimana ada pesta, kita berbondong-bondong mengikuti Yesus pesta tersebut. Opa, Oma, Kaka, Ade, saudara semua, tidak mau ketinggalan.

Di Flores sana, pesta bagian dari hiburan yang paling eksklusif. Tak ada tempat hiburan lain seperti bioskop, pun kalau ada bioskop mungkin akan sepi peminat, sebab tiketnya terlalu mahal bagi kami yang ekonomi di bawah rata-rata.

Pesta di Flores ada berbagai jenis, mulai dari pesta yang berhubungan dengan syukuran atas penerimaan sakramen dalam Gereja Katolik seperti: pesta permandian, pesta sambut baru, dan pesta pernikahan. Ada juga pesta untuk mengumpulkan dana demi melanjutkan pendidikan yang biasa disebut pesta sekolah, dan pasca pemilihan legislatif seperti sekarang akan ada lagi satu pesta tambahan, pesta syukuran anggota dewan terpilih namanya.

Pada saat pesta, orang Flores kurang afdal tanpa sound system yang kencang. Memisahkan musik yang kencang dengan pesta orang Flores seperti memisahkan rasa pahit dari daun pepaya. Musik yang kencang sudah menjadikan bagian yang paling penting dari baik dan tidaknya tuan pesta. Saat tuan pesta suguhkan musik yang kurang kencang kemungkinan besar namanya akan diceritakan oleh warga satu kecamatan. Hadeh.

Demi memeriahkan keberlangsungan pesta, ada satu orang penting yang bertugas menyiapkan play list lagu. Opreter namanya. Menjadi opreter musik dalam pesta orang Flores biasanya orang-orang khusus yang terpanggil, tidak ada bedanya dengan panggilan hidup dari Pastor yang memimpin misa syukur dari para anggota dewan terpilih tadi.

Opereter musik merupakan orang yang tahan banting, tahan hujatan bahkan tahan lemparan batu dan kayu jika terjadi pertengkaran sengit akibat ulah undangan terhormat yang telah mabuk akibat minum sopi atau karena nona-nona sudah pulang lebih dulu.

Kehadiran opreter musik mendukung meriahnya suatu pesta. Operator musik biasanya diharapkan untuk memiliki banyak koleksi lagu favorit, dan paling penting lagi dapat memahami keinginan para undangan. Opreter musik harus memahami saat mana ia memutarkan lagu sendu dan saat mana ia memutarkan lagu dangdut, dansa, DJ, dan jai.

Di kampung Golo Mongkok kecamatan Rana Mese, misalnya, kami mengenal operator yang cukup handal bernama Om Milin. Jasa Om Milin selalu dibutuhkan saat ada berbagai pesta di kampung kami. Berkat kelihaian dalam memilih lagu yang tepat saat pesta, ia juga sering diminta oleh tetangga kampung untuk memeriahkan jalannya pesta.

Boleh dibilang Om Milin termasuk opreter musik yang sudah cukup senior di kampung kami. Jika meniru gaya bahasanya Prabowo pada debat sesi terakhir kali lalu, Om Milin lebih opreter musik dari opreter musik. Jam terbangnya sudah terlampau padat. Ia sudah malang melintang dalam mengurus lancar dan meriahnya pesta.

Mengemban tugas sebagai opereter musik membuat Om Milin sering mendapatkan suguhan yang istimewa setiap kali adanya pesta. Di atas mejanya akan berjejer suguhan yang spesial, misalnya: persembahan daging yang paling enak dari tuan pesta, sopi Ntau’r nomor 1, dan plus rokok surya 12 yang tidak akan pernah berkurang. Jangan heran saat Om Milin sudah mulai menjalankan tugas akan ada satu atau dua anak muda yang duduk di dekat meja opreter. Mereka-mereka itu biasanya duduk dekat meja opereter untuk membantu habisnya suguhan tuan pesta. Hehe.

Sungguh melanggar norma ketimuran kalau sewaktu-waktu kita sebagai orang Flores yang nota bene sebagai tukang pesta melupakan begitu saja jasa dari opereter musik. Sudah seharusnya jasa opereter musik terpatri dalam hati tuan pesta, sebab berkat jasanya pesta menjadi meriah meskipun ia mengalami kerugian karena hasil pesta yang tidak seberapa. Ia juga tertanam dalam hati pasangan kekasih yang jadian berkat lagu dansa yang sering diputar selama pesta berlangsung. Opereter musik adalah pahlawan bagi kita yang rajin ikut pesta. Smile.

Penulis : Erik Jumpar |Seorang yang rajin ikut pesta supaya lekas dapat pacar|

1 thought on “Pentingnya Keberadaan Opereter Pesta di Flores

  1. Dan nama sang operator musik akan slaly disebut tuan pesta ketika nenceritakn kembali kisah pestanya yg telah berlalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *